Perintah Berhijab & Cadar Dalam Tuntunan Al-Quran & Sunnah

Hijab berasal dari bahasa arab yang bila diartikan adalah penghalang. Hijab dalam agama islam adalah penghalang untuk menutup aurat wanita agar tidak tampak sekaligus juga kewajiban bagi setiap muslimah atau wanita yang mengaku beragama islam yang sudah mengucapkan dua kalimat mulia (syahadat). Ya itulah salah satu aturan dalam agama islam mengenai tata cara berpakaian dalam agama islam. Setidaknya ada banyak landasan baik dalil dari Al-Quran maupun Hadits shahih mengenai hukum wanita yang menggunakan hijab dan juga cadar menurut Islam.

Dasar Hukum Wanita Wajib Berhijab Menurut Islam

Surat Al Ahzab Ayat 59

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمً

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS Al ahzab ayat 59)

Jika kita runut mengapa ayat ini turun, Dikemukakan atau dibawakan dari Said bin Manshur, Saad, Abd bin Humaid, Ibnu Mundzir, dan Ibnu Abi Hatim yang bersumber dari Abi Malik bahwa : Dulu istri-istri Rasulullah saw. keluar rumah untuk keperluan buang hajat. Pada waktu itu orang-orang munafik mengganggu dan menyakiti mereka. Ketika mereka ditegur, mereka menjawab, “Kami hanya mengganggu hamba sahaya saja.” Dari situlah turun ayat yang berisi perintah agar mereka berpakaian tertutup supaya berbeda dengan hamba sahaya, Masya Alloh luar biasanya Islam menghargai wanita meskipun kebanyakan orang yang sok pintar mengatakan Islam tidak menghargai Hak Asasi Kaum Wanita.

Dari ayat ini setidaknya muncul beberapa aturan yang semestinya jangan disalahgunakan oleh para wanita muslimah dalam berhijab.

Hijab Harus Menutup Rambut

Meskipun belakangan ini sedang trend fashion hijab, tapi tidak sedikit kita jumpai bahwa orang berhijab mengikuti trend bukan mengikuti perintah Alloh SWT dalam Al Quran. Misalkan, mereka berhijab namun sayangnya karena ketika berhijab ia terlihat lebih trendy dan anggun. Atau bagi yang baru belajar berhijab, karena malu akan penampilan hijabnya, maka meskipun rambutnya tetap tertutup dengan hijab, namun bagian ujung-ujung depan rambutnya masih terlihat.

Hijab Jangan Membentuk Rambut Layaknya Punuk Unta

Hijab yang digunakan jangan sampai membentuk rambut layaknya punuk unta, karena meskipun rambutnya tertutup tetap saja bentuk rambutnya terlihat dan

Hadits Rasululloh SAW, bahwasanya beliau bersabda:
“Ada dua golongan penghuni neraka yang aku belum pernah melihatnya: Laki-laki yang tangan mereka menggenggam cambuk yang mrip ekor sapi untk memukuli orang lain dan wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang dan berlenggak lenggok. Kepalanya bergoyang-goyang bak punuk onta. Mereka itu tidak masuk surga dan tidak pula mencium baunya. Padahal sesungguhnya bau surga itu bisa tercium dari jarak sekian dan sekian.” (HR. Muslim)

Dari hadits ini jelas ancaman dari Alloh bagi orang yang seolah menutupkan auratnya namun bentuk tubuhnya terlihat adalah tidak bisa mencium wanginya surga meskipun surga itu ada di depan matanya. Lebih parahnya lagi bagi wanita muslimah yang sudah berhijab, namun model rambut yang ditutup hijabnya terbentuk layaknya punuk unta, itu juga termasuk dalam kategori yang diancam oleh Allah SWT dengan tidak mencium wanginya surga.

Hijab Juga Harus Menutup Dada

Ingat bunyi ayat diatas? Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Jadi jangan sampai justru sudah berhijab padahal dimata Alloh itu belum berhijab sehingga bermasalahlah amal solehnya tersebut. Fenomena belakangan yang sering terjadi tidak lain dan tidak bukan adalah bukan hijabers, melainkan hijaboobs. Dimana wanita yang belum mengenal tata cara dalam berhijab yang benar menurut tuntunan Allah & Rasul SAW yang menutup aurat rambutnya namun jilbabnya tidak mengulur sampai dada sehingga terbentuklah dada dan tubuhnya.

Longgar dan tidak ketat

Syarat yang berikutnya adalah jilbab tidak boleh ketat dan menampakkan lekuk tubuh. Jilbab yang syar’I haruslah longgar dan panjang sehingga dapat menutup aurat dengan sempurna.

Bagaimana Dengan Hukum Cadar Dalam Agama Islam

Salah satu dari 4 Imam Madzhab yakni Imam Syafi’i. Pendapat madzhab Syafi’i, aurat wanita di depan lelaki ajnabi (bukan mahram) adalah seluruh tubuh. Sehingga mereka mewajibkan wanita memakai cadar di hadapan lelaki ajnabi atau lelaki yang bukan mahram. Inilah pendapat mu’tamad madzhab Syafi’i.

* Asy Syarwani berkata:

إن لها ثلاث عورات : عورة في الصلاة ، وهو ما تقدم ـ أي كل بدنها ما سوى الوجه والكفين . وعورة بالنسبة لنظر الأجانب إليها : جميع بدنها حتى الوجه والكفين على المعتمد وعورة في الخلوة وعند المحارم : كعورة الرجل »اهـ ـ أي ما بين السرة والركبة ـ

“Wanita memiliki tiga jenis aurat, (1) aurat dalam shalat -sebagaimana telah dijelaskan- yaitu seluruh badan kecuali wajah dan telapak tangan, (2) aurat terhadap pandangan lelaki ajnabi, yaitu seluruh tubuh termasuk wajah dan telapak tangan, menurut pendapat yang mu’tamad, (3) aurat ketika berdua bersama yang mahram, sama seperti laki-laki, yaitu antara pusar dan paha” (Hasyiah Asy Syarwani ‘Ala Tuhfatul Muhtaaj, 2/112)

Hal Paling Logis Mengapa Wanita Muslimah Diminta Menggunakan Cadar

Setan Menggoda Manusia Dari Segala Arah

Setan itu menggoda manusia dari segala arah mata angin dan juga dengan segala cara. Jika wanita muslimah yang sudah menggunakan jilbabnya saja tergoda oleh setan untuk membentangkan dadanya dan tidak tertutup jilbab, sehingga dari situ muncul potensi perbuatan dosa.

Jika Telapak Kaki Wanita Muslimah Saja Ditutupi, Maka Wajah Jauh Lebih Menggoda dari Telapak Kaki Juga Harus Ditutup

Selain itu jika rambut kepala, leher, lengan tangan, betis, dan telapak kaki wanita ditutupi agar tidak membuat lelaki tergoda/terfitnah maka menutup wajah merupakan hal yang sangat logis sebab potensi godaan pada wajah lebih besar. Kemudian coba bayangkan telapak kaki wanita saja ditutupi, maka tentunya wajah juga pantas ditutupi sebab wajah jauh lebih menggoda dari telapak kaki.

Itulah tadi hukum wanita berhijab dalam islam dan juga hukum wanita bercadar dalam islam baik bila merunut pada Al-Quran ataupun Sunnah serta pandangan dari Imam Syafi’i.

Baca juga dalil kewajiban berhijab

Baca juga Cara Berhijab Yang Benar Sesuai Tuntunan Al Aquran

Semoga Bermanfaat!

Summary
Perintah Berhijab & Cadar Dalam Tuntunan Al-Quran & Sunnah
Article Name
Perintah Berhijab & Cadar Dalam Tuntunan Al-Quran & Sunnah
Description
Dalam islam hijab adalah kewajiban dan ada dalil serta tata caranya termasuk menggunakan cadar sehingga sangat menguntungkan bagi wanita muslimah.
Author
Publisher Name
Model Tutorial Hijab

Written by adminmodeltutorialhijab

3 Comments

Hamba Allah

Semoga istri ana terlindung dari hal-hal yang disalahgunakan dalam berhijab ini. Makasi min atas info soal dalil kenapa wanita wajib berhijab menurut islam.

Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *