Cara Berhijab Yang Benar Menurut Islam Di Quran Surat Al Ahzab (59)

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai perintah berhijab dan hukum bercadar sesuai tuntunan di Al Quran. Kali ini kita coba lebih dalam membahas mengenai cara berhijab yang benar itu sendiri menurut Syariat Islam dalam surat Al Ahzab ayat 53. Pendekatan paling enak mungkin dari mengkoreksi diri sendiri ya kita bahasnya.

Apakah Hijabmu Hanya Sebatas Sampai Leher?

Nah ini pertanyaan yang relatif simple tapi pastinya cukup susah untuk dijawab. Bisa jadi sebagian dari muslimah merasa masih lebih baik dan yang paling benar dengan alasan “udalah kan masih mau pakai jilbab meski hanya sampai leher ketimbang tidak sama sekali”. Nah, perkaranya dalam islam tata cara menjalankan perintah dan menjauhi larangan dalam beragama semua ada petunjuknya langsung baik dari Al Quran sebagai sumber kebenaran dan juga Nabi Muhammad SAW sebagai pemimpin umat sekaligus suri teladan. Nah jika sebagian muslimah merasa masih beranggapan bahwa tata cara agamanya versi mereka sendiri itulah yang benar, berarti mereka secara tidak disadari mengklaim bahwa dirinya lebih benar dari Al Quran dan lebih pantas dijadikan teladan ketimbang Nabi Muhammad SAW., Naudzubillah.

Dalam surat Al Ahzab ayat 53 cara berhijab yang benar dijelaskan secara gamblang bahwa hijab yang digunakan para muslimah dijulurkan sampai ke seluruh tubuhnya. Berangkat dari sini jelas pointnya adalah jangan lipat hijabmu hingga akhirnya bagian tubuhmu seperti dada tidak tertutup oleh hijabmu.

Apakah Hijabmu Menerawang?

Masih ingatkan pada artikel sebelumnya bahwa fungsi hijab itu apa? Ya daripada cari artikel sebelumnya, nih screenshootnya.

hijab adalah

Artikel sebelumnya disini kalo mau baca ya

Nah hijab itukan penghalang agar orang yang bukan mahromnya tidak bisa melihat aurat ukhti, lalu apa fungsinya hijab jika ternyata hijab yang digunakan ternyata menerawang sehingga terlihatlah rambut dan bagian yang lainnya yang seharusnya tertutup oleh hijab itu sendiri.

Rambutmu Dibentuk Sehingga Hijabmu Seperti Punuk Unta

Rambut bagi kaum wanita layaknya mahkota pada bunga, namun selesaikan dulu perumpamaan tersebut seharusnya menjadi Rambut bagi kaum wanita layaknya mahkota pada bunga bagi suaminya dan Rambut bagaikan jurang api neraka bagi dirinya jika terlihat yang bukan mahrom.

Loh kan rambutnya tertutup, iya benar rambutnya tertutup namun ukhti coba bayangkan apa iya sudah tertutup namun terbentuk bentuk rambut yang ukhti kuncir tersebut, apakah itu bukan suatu pelanggaran (1) ? Apakah ukhti merasa aman sebagai muslimah mengatakan yang penting sudah berhijab dengan tata cara ukhti bukan tata cara yang disyariatkan (2)?

Untuk pertanyaan nomor 1, jawabnya jelas ada pada hadits Rasul SAW bahwasannya beliau bersabda:

“Ada dua golongan penghuni neraka yang aku belum pernah melihatnya: Laki-laki yang tangan mereka menggenggam cambuk yang mrip ekor sapi untk memukuli orang lain dan wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang dan berlenggak lenggok. Kepalanya bergoyang-goyang bak punuk onta. Mereka itu tidak masuk surga dan tidak pula mencium baunya. Padahal sesungguhnya bau surga itu bisa tercium dari jarak sekian dan sekian.” (HR. Muslim) 

Jadi jawabnya untuk pertanyaan nomor satu adalah bahwa suatu pelanggaran bila rambut yang ukhti bentuk lalu terbentuk juga saat menggunakan hijab itu adalah suatu pelanggaran

Untuk pertanyaan nomor 2, jawabnya jelas tidak ada yang lebih baik ucapannya dan wejengannya selain dari Nabi SAW karena mengacu pada firman Allah SWT dalam Al Quran

“Sungguh telah ada bagi kalian pada diri Rasulullah suri teladan yang baik bagi orang yang berharap kepada Allah, hari akhir dan bagi orang yang banyak mengingat Allah.” (Al-Ahzab: 21)

Ayatnya Rasulullah adalah suri teladan, bukan fulanah atau ukhti yang suri teladan.

Sebagai penutup, untuk menyegarkan kembali ingatan kita bahwa inilah perintah hijab dari Allah SWT dalam surat Al Ahzab dan darisitulah kita tau tata cara memakai hijab yang benar agar sesuai syariat.

cara berhijab yang benar sesuai al quran

Kesimpulan Cara Berhijab Yang Benar Sesuai Tuntunal Al Quran Surat Al-Ahzab ayat 53 & Hadits Nabi SAW

  1. Julurkan hijabmu sampai ke seluruh tubuh bukan hanya leher
  2. Kembalikan fungsi hijab sebagai pembatas aurat bagi yang bukan mahrom, oleh karenanya jangan menerawang
  3. Jangan dibentuk rambutmu sehingga bentuk hijabmu menjadi punuk unta

Sekian Alhamdulillah, semoga bermanfaat!

Written by adminmodeltutorialhijab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *